Sekilas Tentang Toekang Poto Frame Lombok

Penulis adalah salah satu anggota Komunitas Toekang Poto Frame Lombok

Pada tahun 2010, beberapa fotografer relawan kebencanaan erupsi Merapi menginisiasi pembentukan  Komunitas Toekang Poto Indonesia. Komunitas ini dibentuk sebagai wadah bagi penyuka fotografi, untuk belajar, berdiskusi berbagi foto dan cerita di sekitar kita.

Pada awal tahun 2012 bermula dari pelatihan jurnalistik tentang bagaimana menjadi humas handal yang diisi oleh anggota Komunitas Toekang Poto Indonesia, beberapa orang fotografer amatir yang sering terlibat sebagai tim dokumentasi di kegiatan kemahasiswaan secara rutin melakukan kopi darat. Bermula dari sinilah muncul ide pembentukan cabang Komunitas Toekang Poto di Pulau Lombok. Penyebutan untuk Komunitas yang berada di daerah-daerah adalah "Frame". Sehingga untuk Komunitas Toekang Poto Indonesia cabang Pulau Lombok di sebut "Toekang Poto Frame Lombok".

Berdasar hasil Musyawarah Besar (MuBes) Toekang Poto Indonesia pada bulan Agustus 2013 yang lalu di Situ Gintung Jakarta, ditunjuklah saudara Rapii sebagai Koordinator Frame NTB di mana Lokasi Frame Lombok Bernaung. Dan untuk Frame Lombok sendiri masih belum ada ketua yang diamanahi karena belum melakukan musykerwil (Musyawarah Kerja Wilayah). Musykerwil Frame Lombok sendiri akan direncanakan untuk dilaksanakan pada bulan September atau Oktober 2013 yang akan datang.

Adapun Visi Komunitas Toekang Poto Indonesia adalah "Menjadi komunitas fotografi yang peduli dan inspiratif". Sedangkan misinya adalah "berperan aktif dalam isu sosial kemasyarakatan dan lingkungan melalui fotografi dan mendorong anggota untuk menghasilkan karya yang inspiratif".

Selain di Pulau Lombok, Toekang Poto juga tersebar di Jabodetabek - Banten, Bandung, Magetan, Lampung, Kalimantan, Amerika, Jepang dan Arab Saudi.

Jangan Lupa untuk Gabung di Fans Page Toekang Poto dan Twitter @toekangpoto

"Berbagi Foto, Berbagi Cerita"

Salam Kami


Komentar

  1. Selamat, semoga komunitas Toekang Poto Indonesia langgeng, lancar jaya..
    #SalamJepret :D

    BalasHapus
  2. terima kasih atas kunjungannya... jangan lupa mampir di fans pagenya sama follow twitternya ya,,, ;)

    BalasHapus
  3. Semoga Toekang Potret Lombok lebih maju sesuai dg apa yg kita rencanakan bersama ^_^,..aamiin

    BalasHapus
  4. semoga bisa tetap bersama dengan teman2 toekang poto frame lombok,hehe
    suka di sini, belajar banyak hal tentang fotografi...
    :D

    BalasHapus
  5. Aku juga pengen jadi Toekang Poto ah hehehee
    Kerja sampingan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KATAKAN CINTA (Ga Boleh Sembarangan !!!)

Mari Berkenalan Dengan Saya...